Alasan Keyboard QWERTY Bukan Abjad ABCD

Keyboard, Ya tentu kita sudah tidak asing lagi dengan keyboard. Apalagi bagi yang pekerjaan atau hobinya selalu menuntut harus menggunakan komputer atau Laptop pasti tiap hari selalu memakai yang namanya KeyBoard.

Tapi apakah pernah kita terfikir "Kenapa sih keyboard  hurufnya ngacak ga beraturan gini ??? Padahal kan kalau keyboard di buat sesuai abjad ABCD pasti lebih mudah dan lebih cepat dalam pengoprasiannya ??"

Pertanyaan inilah yang akan saya coba jawab dengan hasil browsing saya selama berjam2 untuk mencari jawaban yang paling masuk akal dan paling benar menurut saya.
  Dari beberapa website hasil saya browsing berjam2 saya akan coba simpulkan dan akan saya tulis di sini.

Pertama kali pembuatan mesin ketik yang masih sangat manual pada tahum 1868 Masehi oleh Christopher Shole. Mesin ketik yang di ciptakan pertama kali itu masih sangat sederhana. Masih memakai tangkai sehingga ketika di tekan tangkai tersebut akan bergerak dan akan mencetak huruf pada kertas yang sudah di sediakan.
hehe masih seperti mesin ketik kelurahan di kampung jaman dulu ya..

saat itu Christopher masih menggunakan susunan huruf sesuai dengan abjad ABCD. memang sih dengan susunan sesuai abjad ketikan yang di hasilkan lebih cepat dan lebih mudah. karena terlalu cepat dan terlalu mudah nenurut Christopher  ini malah menimbulkan masalah baru pada keyboard. karena masih menggunakan tangkai pada mesin ketiknya maka dengan kecepatan tinggi tangkai2 yang saling berdekatan (seperti contoh A dengan B) maka akan saling bertabrakan karena terlalu cepat saat mengetik dan tidak dapat bergerak lagi karena saling menghimpit. ternyata penemuannya ini masih perlu banyak perbaikan.

Karena masalah ini akhirnya pada tahun 1873  ilmuan yang bernama E. Remington mampu menyempurnakannya dengan cara mengacak2 susunan huruf yang tertatur tadi yang di anggap terlalu mudah dan terlalu cepat dengan kombinasi huruf yang menurutnya paling sulit. (QWERTY) sehingga mengetik pun jadi lebih lambat.
Alasan aneh memang.
Dengan susunan huruf yang di ciptakan itu akhirnya masalah yang tadi bisa di atasi. sehingga pengguna umum ikut meggunakan susunan huruf QWERTY juga pada mesin ketik mereka.
Nah ketika pertama kali di temukan komputer  akhirnya mengikuti susunan huruf QWERTY yang sudah ada tersebut.
Kenapa tidak di ganti dengan susunan abjad lagi ya ?? padahal kan kalau komputer tidak menggunakan tangkai seperti pada mesin ketik dan pasti di komputer tidak akan di temukan masalah seperti pada mesin ketik dong ??
Begini alasannya. Karena sudah terlalu lama pengguna menggunakan susunan huruf QWERTY pada keyboardnya jadi ini menjadikan sebuah kebiasaan. jadi sudah tidak perlu di rubah lagi menggunakan susunan abjad ABCD. dan sampai sekarang.

Tapi kalau di pikir2 masuk akal juga sih alasan sang penemu mengutak atik susunan huruf tadi. pertanyaan yang hampir serupa "Kenapa kompor gas selalu di putar ke kiri untuk menyalakannya dan bukan ke kanan??" padahal kan kebanyakan orang lebih dominan memutar ke kanan saat menyalakan atau melakukan sesuatu. Jadi alasannya adalah supaya kompor gas ini aman dari pengguna baru yang belum pernah menggunakan kompor gas. karena tidak tahu kalau memutarnya ke kiri jadi pengguna baru akan kesulitan menyalakan kompor gas.

Seperti itulah kira2 penjelasannya.

.... S E M O G A      B E R M A N F A A T ....



Related Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda di sini..

Pencarian

Memuat...

Masukkan Email anda di sini

Label

TUKAR LINK,copy code di bawah ini dan tulis komentar untuk tukar link

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.